Sejarah sandal jepit

                                  Sandal Jepit, Sandal, Musim Panas

Mungkin hampir semua dari kita tau gambar benda diatas apa? Ya,gambar benda diatas adalah gambar sandal atau yang kita sebut juga dengan sandal jepit. Sandal ini berfungsi melindungi kaki kita dari panasnya jalanan,ataupun benda lainnya yang bisa mengancam kaki kita ,khususnya telapak kaki kita,namun apakah kalian sudah tau sejarah  sandal? Jika belum mari simak artikel berikut.


SEJARAH

Sandal sudah lama digunakan masyarakat Anasazi,misalnya suku kuno yang mendiami daratan di barat daya Amerika,pada 8000-10.000 tahun lalu sudah diketahui penggunaan sandal. Sandal ini terbuat dari serat tanaman Yucca yang disusun menjadi anyaman,sandal ini dikaitkan ke kaki dengan tali yang membentuk huruf V.

Sandal terus berevolusi dari bahan hingga modelnya,dan tetap menjadi pilihan dalam beraktifitas. Ada beberapa daerah yang menjadi asal sandal dan perkembangannya.

SANDAL SUMERIA

Peraji  sandal asal Sumeria mulai membuat sandal sekitar tahun 6000 SM,dengan bahan dasar membuat sandal dari kulit binatang.


SANDAL MESIR

Para arkeolog mengidentifikasi salah satu hieroglif tertua dari Mesir yang menampilkan tentang pembuatan sandal. Sandal biasanya dipakai para bangsawan. Dan umumnya sandal di Mesir terbuat dari kayu,kulit kambing,atau serat dari tanaman papirus ataupun palem.


SANDALIUM

Di era Romawi,sekitar tahun 100-50 SM,isitilah "SANDALIUM" menunjukan sandal itu sendiri. Para petarung Gladiator biasanya memakai sandal yang terbuat dari kulit. Di era kekaisaran Romawi warna sandal menjadi pembeda status sosial. Julius Caesar memilih sandal berwarna merah dan ungu begitu juga dengan anaknya. Sementara Popaea istri kaisar Nero,memilih sandal yang terbuat dari emas dan batu berharga.


ERA JEPANG

Sandal yang berasal dari Jepang mulai berkembang di era Heian. Sandal ini terbuat dari kayu,sandal ini memiliki dua hak setinggi 4-5cm. Fungsi dari hak untuk menghindarkan kain kimono,yaitu baju tradisional Jepang dari kotoran ketika berjalan. Sandal ini dikenal juga dengan nama Geta.

Selain Geta ada juga Waraji. Waraji adalah sandal  anyaman dari jerami atau tali. Pada zaman feodal,sekitar abad ke 12-19,kaum samurai Jepang dan pasukan infanteri(ashigaru) memakai sandal jenis ini.


SANDAL MODERN

Film bisu yang diproduksi Hollywood pada awal abad ke 20menampilkan aktor dan aktris yang memakai sandal kuli,yang membuat sandal ini adalah Salvatore Feragamo imigran asal Italia yang juga pembuat sepatu terkenal. Dan langsung saja desain itu langsung menjadi tren fashion.


SANDAL JEPIT

Setelah perang dunia kedua,serdadu Amerika kembali kenegaranya dan membawa zori(sandal jepit tradisional dari Jepang) sebagai souvenir. Perkembangan industri plastik ikut berperan dalam memproduksi sandal berharga murah secara massal. Kemudia pada tahun 1950-an teknik baru ditemukan,yaitu teknik penggabungan karet dan plastik dikenalkan di Taiwan. Hingga saat ini,sandal jepit mudah dan banyak ditemui.

Gimana udah pada tau kan sejarah dan cerita tentang sandal,jadi kita tidak hanya memakai nya saja tapi kita juga tau darimana awal sandal tersebut ditemukan ataupun dibuat. Terimakasih yang suadh membaca artikel ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda