Sejarah Handuk

                 Handuk, Atrezo, Kamar Mandi, Shower


Apakah kalian tau gambar diatas? Ya,gambar tersebut adalah gambar sebuah tumpukan handuk. Handuk adalah benda yang sering kita gunakan untuk mengelap atau mengeringkan tubuh kita dari air ataupun keringat setelah kita mandi dan setelah kita berolahraga. Namun apakah kita tau sejarah handuk? Ya,jika belum tau mari simak artikel berikut.


SEJARAH

Sejarah handuk terdapat dua versi ,versi pertama handuk berasal dari Eropa berita ini terdapat dibeberapa media,sampai dengan abad ke 19 orang disana mengeringkan badan dengam cara berjemur ataupun di lap dengan kain biasa atu pakaian pada saat ini handuk belum populer,ditambah lagi masyarakat disana yang jarang mandi.Namun dikalangan tertentu yang biasa mandi setiap hari,mereka menggunakan semacam kain seperti handuk untuk mengeringkan badan mereka.Kain tersebut barang mahal dan dikategorikan sebagai barang mewah.

Orang Perancis mulai membuat handuk dari kain sutera dengan mesin pada tahun 1841. Di tahun 1851,seorang bernama Samuel Holt pertama kalonya membuat handuk dari cotton lalu dipamerkan di Cyrstal Palace,London. Dan ratu Victoria sangat terkesan saat berkunjung ke pameran,dan beliau menganugerahkan medali emas bagi Samuel Holt dan memesan 6 lusin handuk untuk dipakai di Istana.

Setelah itu handuk menjadi barang rumah tangga karena harga yang murah dan gampang digunakan. Ditahun 1863 Samuel Holt pindah ke Amerika Serikat dan mendirikan pabrik di Peterson, New Jersey. Todak lama kemudian handuk mulai dikenal oleh seluruh warga Amerika. Sampai beberapa tahun handuk masih berwarna putih,dan pada tahun 1925 mulai dipasarkan handuk berwarna. Dan orang orang kaya dan terkenal kurang menyukai bahwa handuk yang mereka gunakan digunakan oleh banyak orang,maka dari itu mereka mulai memesan handuk khusus dengan logo ataupun ciri khas pribadi mereka.Seorang yang berasal dari New York yang bernama Milton Weigler mulai memproduksi handuk dengan logo khusus sesuai permintaan dan langsung saja hal ini menyebar keseluruh dunia.

Versi yang kedua menyebutkan handuk berasal dari Turki sekitar abad ke 18 dengan nama "Handuk Turki". Handuk ini berukuran sekitar 90 cm x 110 cm terbuat dari bahan cotton linen yang dibuat layaknya handuk modern yaitu yang terdiri dari loop loop atau lengkungan lusi,pada saat itu handuk digunakan pada saat acara pernikahan dan acara penting lainnya serta menjadi barang penting dalam kehidupan sosisal masyarakat Turki.

Desain handuk sebenarnya dibawa oleh Ottoman yang telah berpengalaman mendesain karpet di abad ke 17 ,dan dengan kemampuan menenun mereka ,handuk saat itu ditambah dengan loop-loop pile/lusi seperti yang ada pada saat ini. Di abad ke 18 ditemukan teknik baru dalam membuat handuk yang menjadi cikal bakal handuk modern. Handuk dengan teknik ini lebih dikenal dengan isitilah Havly asal kata dari Havlu yang berarti handuk yang berasal dari bahasa Turki.



Gimana sudah tau kan sejarah handuk? Memang barang yang satu ini sering kita anggap sepele kegunaan nya,padahal barang tersebut memiliki sejarah yang tentunya patut kita ketahui. Sekian dulu artikel kali ini,Terimakasih.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda