Sejarah dan Perkembanga celana Jeans hingga Levi's

                       

Celana Jeans,siapa sih yang tidak tau celana ini celana yang banyak dipakai oleh banyak orang mulai dari orang dewasa bahkan hingga anak-anak loh. Namun apakah sobat sudah tau sejarah dan perkembangan celana jeans? Jika belum mari simak artikel berikut.


SEJARAH

Jeans adalah salah satu bahan dasar untuk membuat pakaian termasuk celana yang paling populer hingga saat ini. Dulunya celana berbahan jeans ini digunakan para pekerja tambang di Amerika.
Celana jeans mulai berkembang ditangan pemuda Eropa yang berusia Levi Strauss dan ia juga seorang yang membuat celana jeans pertama kali. Pada saat itu Levi pergi ke San Francisco ditahun 1847,dengan modal beberapa potongan tekstil untuk dia jual disana.

Dan disaat itu juga di Amerika sedang demam tambang emas ,lalu Levi menjual tekstilnya kepada penambang emas,dan ia juga membuat celana dari sisa potongan kanvas lalu celana itu ia jual kepada para pekerja tambang. Celana yang berbahan kanvas buatan Levi laku sekali hingga ia mulai melakukan sedikt perubahan pada bahan celana yang ia gunakan dengan menggunakan bahan lain yang ia pesan dari Genoa,Italia. Para pembuat kain di Genoa menyebut bahan tersebut adalah Genes, dan diubah oleh Levi dengan nama Bluejeans setelah ia mencelupnya dengan warna indigo.

baca juga: Sejarah kamera: Kamera SLR hingga DSLR

Lalu Levi mulai memproduksi celana jeans yang ia buat dalam jumlah yang banyak,dan para penambang pun suka dan ketagihan dengan celana yang ia buat lalu mucul lah isitilah those pants of Levi's(celana si Levi). Setelah muncul istilah itu tercetus lah merk dagang dengan nama Levi's,merk dagang celana jeans pertama di dunia. Lalu pada tahun 1920, Levi's Waist Overalls menjadi produk celana yang paling laku di Amerika bagian selatan.

Lalu setelah perang dunia tepatnya di tahun 1950-an celana jeans sangat terkenal dikalangan anak muda di Amerika Serikat. Dan hingga saat ini,celana jeans menjadi salah satu gaya dalam berpakaian bagi penggunanya,dan jeans tidak lagi identik dengan pekerja tambang emas.

baca juga : Sejarah kompor gas

Gimana sobat sudah tau kan sejarah dan perkembangan celana jeans hingga Levi's,jadi kita juga tau sejarah yang ada tentang salah satu celana yang kita gunakan. Terimakasih untuk sobat yang telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan Sampai Jumpa di artikel selanjutnya.


SUMBER REFERENSI: bobo.grid.id
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda