Sejarah dan Perkembangan Topi di Dunia

                   Topi, Trilby, Hitam, Penuh, Lipatan

Topi,benda yang satu ini memiliki kegunaan dan manfaat bagi penggunanya,antara lain sebagai pelindung kepala dari panasnya terik matahari. Namun topi juga memiliki sejarah yang patut kita ketahui, mari simak artikel berikut ini.


SEJARAH

Ada beberapa jenis topi yang pertama kali ditemukan di daerah Yunani tepatnya di daerah yang bernama Thebes,jenis topi tersebut adalah Topi Pileus,Topi tengkorak sederhana , dan Topi Firgia . Topi itu sering digunakan para budak yang di bebaskan Yunani petasos dan Roma. Dan dizaman itu pula ada topi yang berbentuk kain seperti cadar dan kerudung, yang biasanya dipakai para wanita.

baca juga: Sejarah singkat asal usul sistem Android

Sekitar abad ke 16 atau sekitar tahun 800 M ,St. Clement seorang yang mangaku dirinya sebagai pembuat topi,topi yang ia buat berbahan felt. Di abad ke 18 para wanita juga mulai memproduksi topi,namun di topi tersebut ditambahkan aksesoris seperti renda-renda dengan tujuan untuk memperindah topi tersebut.

Di aawal abad ke 19 para wanita mulai menggunakan topi dengan bentuk yang lebih besar,dan juga di topi mereka dihiasi dengan pita,bunga,dan bulu. Lalu diakhir abad ke 19 topi mulai diperkenalkan secara luas dan memiliki banyak model ataupun bentuk,diantaranya ada model brims lebar,crown datar,flower pot,dan toque.

Lalu sekitar abad ke 20 banyak wanita yang memotong pendek rambutnya ,dan kemudian mereka memakai topi dikepalanya. Di tahun1980-an topi mulai berkembang dengan beberapa model,diantaranya adalah topi flamboyant,Trompe-L'Oeil ,dan Tall headpieces(dibuat dari rambut manusia).

baca juga: Sejarah sandal jepit

PERKEMBANGANNYA

Salah satu bentuk topi yang keras(Hard hat) abernama Castodian helmet,topi ini memiliki fungsi selain melindungi kepala dari sinar matahari, tetapi juga melindungi kepala dari benda yang jatuh dari atas. Biasanya topi ini dipakai para pekerja kontruksi dan juga kepolisian di Inggris. Selain Hard hat ada juga topi yang khusus melindungi wajah dari sinar matahari yang sering kita kenal dengan nama Sun hat. Dan ada juga topi yang dipakai khusus untuk profesi tertentu saja seperti  topi Toque,topi ini digunakan oleh para koki ataupun chef. Lalu ada juga topi yang dipakai untuk keagamaan seperti Peci(sering dipakai oleh kaum lelaki muslim), topi Mitres(dipakai oleh uskup),dan topi Turban(dipakai oleh sikh).

Sekian untuk artikel kali ini,jadi udah pada tau kan sejara dan perkembangan topi yang pernah atau sering kita gunakan ini, Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan Sampai Jumpa diartikel selanjutnya.

SUMBER REFERENSI: terassouvenir.com

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda